Cara Membuat Essai Deskripsi Diri Secara Singkat

Cara Membuat Essai Deskripsi Diri Secara Singkat

Di dalam kehidupan, adakalanya Anda harus menulis deskripsi diri secara singkat. Deskripsi ini bisa digunakan untuk aplikasi pendaftaran sekolah, presentasi yang berhubungan dengan pekerjaan, atau Anda mungkin perlu melakukan promosi diri untuk jabatan di kantor Anda. Apa pun alasannya, ikutilah langkah-langkah ini untuk menciptakan deskripsi diri yang baik dan ringkas.

A. Menyiapkan Ide Sebelum Menulis

1. Identifikasikan orang yang membaca deskripsi diri Anda. Kemungkinannya, Anda tidak hanya menulis deskripsi diri hanya karena Anda menyukainya. Untuk menuliskan kemampuan terbaik dari diri Anda, Anda harus mempertimbangkan orang (atau orang-orang) untuk siapa Anda menuliskan deskripsi diri ini. Pembaca deskripsi diri Anda mungkin adalah profesor Anda, kolega Anda, komite akademi, atau anggota komunitas lokal di daerah Anda.[1]

2. Ikutilah panduan jika tersedia. Ketika menulis deskripsi diri untuk kelas atau aplikasi pendaftaran, Anda akan diberi panduan yang menguraikan informasi apa yang harus ada dalam deskripsi Anda.

    - Jika Anda mengajukan beasiswa, komite pengambil keputusan mungkin telah menjelaskan jenis informasi yang mereka inginkan dari Anda.
   - Pada situasi yang lain, saat menulis deskripsi pribadi untuk lingkungan kerja, Anda harus berkonsultasi dengan manajer atau kolega yang bisa memberi panduan tentang isi deskripsi Anda.

3. Buatlah daftar prestasi akademik dan profesional. Tulislah pencapaian akademik yang pernah Anda peroleh. Anda mungkin pernah berhasil menyelesaikan masalah akademik yang serius, menguasai mata pelajaran tertentu, atau lulus dengan gelar dari sekolah yang memiliki reputasi baik. Tinjau kembali pencapaian profesional Anda. Pertimbangkan hal-hal penting dari pengalaman profesional Anda dan buatlah daftar yang berisi penghargaan atas pencapaian penjualan, promosi, penghargaan karyawan terbaik, dan pencapaian penting lainnya.[2]

    - Contoh deskripsi pencapaian: Contoh deskripsi pencapaian: saya adalah orang pertama di dalam keluarga yang kuliah, saya adalah siswa yang mencapai nilai tertinggi saat kuliah selama empat tahun, saya mengikuti tiga jurusan dengan dua program studi, dan lain sebagainya.
    - Contoh deksripsi prestasi: Contoh deksripsi prestasi: menjual penggaruk punggung dengan jumlah tertinggi dalam sejarah Back Scratchers Inc., menjadi karyawan terbaik bulanan selama 10 bulan berturut-turut, mulai bekerja sebagai karyawan bagian pencucian piring dan sekarang saya menjadi executive chef di La Lune.

4.  Buatlah daftar karakteristik dan minat Anda. Pikirkan karakteristik pribadi Anda. Cara ini akan membantu Anda memikirkan kata sifat yang umum digunakan orang lain untuk menggambarkan diri Anda di masa lalu. Pilihlah kata-kata yang menurut Anda paling baik menggambarkan diri Anda untuk institusi tertentu yang akan membaca deskripsi Anda. Bersama dengan deskripsi karakteristik, buatlah daftar minat yang berhubungan dengan apa yang Anda lamar. Anda mungkin dikenal di dalam komunitas Anda karena aktif melakukan kegiatan sukarela atau mengadakan kegiatan-kegiatan komunitas. Olahraga dan seni adalah bidang minat lain yang mungkin bisa dicantumkan.

    - Contoh deskripsi karakteristik: Jika Anda melamar ke sebua organisasi sukarela seperti AmeriCorps, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan kata-kata seperti peduli, berdedikasi, dan terorganisir. Ini adalah kualitas yang dicari oleh organisasi sukarela dalam diri calon sukarelawan yang potensial—seseorang yang bisa peduli dengan orang-orang yang dibantu oleh organisasi, berdedikasi karena suatu tujuan, dan bisa bersikap terorganisir jika berhadapan dengan banyak pekerjaan administrasi.
    - Contoh deskripsi minat: Jika Anda melamar posisi seperti menjadi anggota sebuah tim ilmuwan yang melakukan perjalanan ke Arktik bersama-sama, Anda perlu menuliskan daftar minat yang menunjukkan kalau Anda adalah anggota tim yang senang berpetualang. Hal-hal seperti pemain sepakbola, pemanjat tebing, penjelajah alam, dan lain sebagainya akan baik bila disebutkan.

B. Menulis Deskripsi Diri

1. Periksalah daftar tersebut untuk menentukan hal-hal yang akan Anda gunakan di dalam deskripsi diri Anda. Lihatlah semua hal di dalam daftar tersebut dan pilihlah kombinasi antara pencapaian, prestasi, karakteristik, dan minat terbaik yang menciptakan gambaran paling lengkap tentang siapa Anda namun masih sesuai dengan institusi yang Anda tujukan untuk deskripsi ini.[3]

    - Contoh Kombinasi contoh-contoh berikut ini menggambarkan seseorang yang merupakan anggota tim yang berdedikasi yang kesulitan mencari posisinya dan sekarang ia mencetak prestasi terbaik dalam bidang yang ia kerjakan: 1. Saya bermain tenis ganda setiap minggu. 2 Saya menjadi sukarelawan di penampungan hewan yang sama sejak berusia sembilan tahun. 3 Saya adalah wanita pertama di dalam keluarga yang masuk perguruan tinggi. 4. Saya menjadi pegawai terbaik bulanan di kantor pengacara tempat saya bekerja selama empat bulan berturut-turut.

2.  Tentukan apakah deskripsi singkat tersebut harus ditulis menggunakan kata ganti orang pertama atau orang ketiga. Ketika menyerahkan sebuah aplikasi kepada komite sekolah atau beasiswa, deskripsi diri Anda harus menggunakan kata ganti orang pertama. Ketika menuliskan deskripsi singkat yang merupakan pembuka sebelum sampai di bagian presentasi yang Anda berikan, tulislah menggunakan kata ganti orang ketiga. [4]

    - Contoh kalimat yang ditulis dengan kata ganti orang pertama: Saya telah dinobatkan menjadi karyawan terbaik bulanan sebanyak 11 kali sejak bergabung dengan tim Best Buy.
    - Contoh kalimat yang ditulis dengan kata ganti orang ketiga: Jane Doe telah dinobatkan menjadi karyawan terbaik bulanan sebanyak 11 kali sejak bergabung dengan tim Best Buy.

3.  Hilangkan semua fakta dan informasi yang tidak relevan. Kata kunci dari tugas ini adalah ‘singkat.’ Jika Anda memiliki kemungkinan menulis deskripsi diri yang panjang, Anda harus membuat deskripsi diri yang langsung pada pokok-pokoknya saja. Ini berarti Anda tidak perlu menulis segala informasi yang tidak diperlukan oleh orang yang membaca.

    - Meskipun informasi tentang kegiatan ekstrakurikuler dapat menarik perhatian komite penerimaan siswa sekolah, sebaiknya hal tersebut tidak dicantumkan dalam deskripsi diri untuk bidang pekerjaan profesional.

4.  Tulislah deskripsi diri Anda secara singkat. Ikutilah panduan yang diberikan oleh pihak yang meminta deskripsi diri Anda. Jika Anda tidak diberi panduan, buat deskripsi diri sesingkat mungkin. Ungkapan yang mengatakan ‘semakin sedikit semakin baik” diterapkan di sini—deskripsikan gambaran diri Anda dengan kalimat yang sesedikit mungkin. Umumnya, deskripsi pribadi panjangnya dibatasi antara 100-200 kata. [5]

    - Tulislah deskripsi diri dengan gaya percakapan yaitu langsung pada pokoknya namun tidak terdengar angkuh. Anda harus mempromosikan diri tanpa terdengar seperti orang yang menyombongkan diri. Jadi, jangan tulis “Ayah saya memiliki 12 mobil balap antik, yang mana saya senang mengendarainya di klub kapal pesiar.” katakan sesuatu seperti “Saya senang menghabiskan waktu bersama ayah saya, membantunya memperbaiki mobil kuno dan mempelajari apa yang membuat mesin berjalan dengan baik.

5.  Koreksi dan sunting deskripsi singkat Anda. Tinggalkan deskripsi tersebut selama beberapa jam atau hari dan baca lagi untuk mengoreksi kesalahan tulisan dan menyunting kalimat-kalimat yang janggal. Meninggalkan sejenak deskripsi tersebut akan membantu menjernihkan pikiran—ketika Anda membacanya lagi, Anda akan mampu membacanya lebih objektif (seolah-olah deskripsi tersebut menggambarkan orang lain, bukan deskripsi diri Anda).

    - Bacalah dengan suara keras. Membaca deskripsi tersebut seringkali dapat membantu Anda mengetahui bagian-bagian mana dari tulisan Anda yang terdengar janggal atau kaku.
    - Periksa kembali ejaan semua kata benda yang tepat (termasuk bisnis, sekolah, organisasi, program, orang-orang yang telah bekerjasama dengan Anda, dan lain sebagainya.) Pokoknya, pastikan Anda mengeja dengan benar nama organisasi yang Anda tujukan untuk membaca deskripsi diri Anda.

6. Mintalah seseorang yang mengenal Anda untuk membacanya. Mintalah masukan tentang gaya penulisan dan akurasi deskripsi diri Anda untuk memastikan Anda tidak terlalu rendah hati atau terlalu berlebihan. Tanyakan pada orang yang mengenal Anda, apakah deskripsi diri Anda sudah jelas? Apakah deskripsi tersebut mewakili diri Anda dengan baik? Jika mereka tidak mengenal Anda, apakah mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang diri Anda setelah membaca deskripsi Anda? Adakah hal-hal yang harus ditambahkan atau dihapus dari deskripsi diri Anda?

Sumber
    1. http://www.forbes.com/sites/denakouremetis/2012/10/01/dont-write-yourself-off-bio-writing-secrets-to-living-larger-online/
    2. http://smallbusiness.chron.com/write-short-bio-yourself-57289.html
    3. http://smallbusiness.chron.com/write-short-bio-yourself-57289.html
    4. http://www.forbes.com/sites/denakouremetis/2012/10/01/dont-write-yourself-off-bio-writing-secrets-to-living-larger-online/
    5. http://wondergrow.com/2009/07/16-questions-to-help-you-write-a-douche-free-bio/

 

Contoh Deskripsi Diri:

Sumber: ismant0.wordpress.com

Nama saya Ismanto. Saya lahir pada 17 juli 1990 di sebuah perkampungan kecil yang berada di sebelah selatan Propinsi Jawa Tengah, Lebih tepatnya Kabupaten Kebumen, Kecamatan Prembun, dan Desa Tunggalroso. Saya dilahirkan dari keluarga yang cukup bahagia, walaupun saya sendiri telah ditinggalkan oleh Bapak saya, Bapak Saya meninggal dunia semasa saya masih berumur 1 tahun. Namun saya masih mempunyai Ibu, yang membuat saya semangat, dan termotivasi untuk melakukan hal – hal yang berguna dan juga mencapai cita – cita yang saya inginkan.

Dari semasa SD hingga SMK saya termasuk orang yang cukup cerdas dan pintar dalam setiap mata pelajaran, dengan dibuktikan masuk 10 Besar. Untuk itu saya cukup bangga dengan apa yang saya capai saat ini.  Sejak semasa SD antara tahun 1996 hingga 2002 saya sering menjadi wakil sekolah dalam perlombaan antar tingkat SD satu kecamatan hingga kabupaten, walaupun tidak pernah menang. Saya cukup bangga walaupun saya sendiri tidak menang, setidaknya mereka percaya terhadap saya menjadi wakil dari sekolah. Tahun 2002 Lulus SD N 1 Tunggal Roso , saya kembali meneruskan sekolah ke salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri di kecamatan Prembun, yaitu SMP N 1 Prembun, Saya bertemu dengan teman – teman baru, yang membuat saya cukup bahagia menjadi salah satu Keluarga Besar SMP N 1 Prembun. Saya lalui sekolah menengah pertama selama 3 tahun.

Setelah Lulus tahun 2005, awalnya saya ingin melanjutkan ke salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri disalah satu Kabupaten Kebumen ataupun Kabupaten tetangga yaitu Kabupaten Purworejo, namun semua gagal, karena saat itu yang saya pikirkan hanya setelah Lulus Sekolah Menengah Atas adalah Secepatnya Kerja, Ingin segera rasanya membantu ibu. Karena Ibu sendiri yang membanting Tulang menafkahi anak-anaknya sendiri. Walaupun saat itu saya sendiri yang sekolah saja. Akhirnya setelah berfikir agak cukup lama , saya juga disarankan oleh Ibu saya agar saya melanjutkan sekolah ke salah satu Sekolah Menengah Kejurusan Swasta di Kabupaten tetangga, yaitu SMK Institut Indonesia Kutoarjo. Tahun 2005 saya mendaftarkan diri saya, dan saya cukup mudah masuk sekolah disana, karena dari nilai Ujian saya yang cukup bagus dan tinggi. Saya masuk dan ambil jurusan di bidang Teknik Instalasi Listrik.

Dari tahun ke tahun saya jalani dengan belajar,berusaha, dan berdoa ,saya selalu mendapatkan biaya bantuan prestasi dari sekolah, karena saya selalu mendapatkan peringkat 1 dari kelas 1 hingga kelas 3, itu membuat saya cukup bangga, karena cukup membantu ibu saya, agar tidak terlalu memikirkan masalah mengenai biaya SPP. Saya sendiripun saat itu berjualan kue basah tiap pagi yang saya titipkan kepada kakak saya yang memang berjualan di sekolah dasar di dekat rumah, Uang Jualan yang saya dapatkan untuk membantu saya dalam uang jajan, juga uang ongkos jalan, karena Rumah saya cukup jauh dari Sekolah.

Setelah Lulus Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2008, saya pergi meninggalkan kampung tercinta menuju Bekasi ( Kota Industri ), Tujuan saat itu adalah tempat tinggal  kakak saya. Tahun itu pula saya mendapatkan pekerjaan pertama saya di salah satu perusahaan swasta di Jakarta, walaupun tidak bertahan lama, akhirnya akhir Tahun 2008 juga, saya keluar dan mendapatkan pekerjaan di Salah satu perusahaan swasta di Bekasi dengan bidang pekerjaan produksi Air Minum Dalam Kemasan, dengan Label perusahaan PT. Tirtamas Megah, saya cukup lama bertahan disana hingga 3 tahun lebih, namun saat akhir tahun 2011 saya kena PHK, karena Perusahaan yang saya naungi saat itu telah berpindah tangan ke Management lain.

Dari situ saya mulai mencari lagi pekerjaan dan Awal Tahun 2012, saya mendapatkan pekerjaan di Perusahaan Jasa Survey Geotechnical dan Geophysical Minyak dan Gas di Jakarta, namun itu juga tidak bertahan lama, karena saya saat ini tinggal di Cileungsi, dari Jarak pula yang membuat saya resign, Saat ini saya masih bekerja di salah satu perusahaan Makanan dan Minuman di salah satu kota Bogor.

Menurut teman – teman saya, saya adalah pribadi yang pendiam namun menyenangkan karena banyak yang mengatakan bahwa mereka nyaman berteman dengan saya dan saya pun menyadari hal tersebut. Saya adalah pendengar yang baik, saya sering dijadikan tempat curhat oleh teman-teman saya. Saya terkesan pemalu dan lebih cuek bila baru mengenal seseorang, namun itu hanyalah gambaran sementara, setelah jauh mengenal saya, pasti semua hal yang dikatakan tersebut akan berbanding terbalik. Terkadang dalam suatu obrolan yang ramai saya lebih suka diam dan memperhatikan teman-teman saya, dan sesekali menyampaikan sesuatu. Saya cukup mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sehingga saya cepat dengan mudah mendapatkan pertemanan. sering juga saya merasa bosan apabila mendapatkan hal-hal yang tidak berubah dalam suatu lingkungan, ataupun situasi yang membuat saya bosan ( hal menunggu itulah yang membuat saya bosan ).

Saya termasuk orang yang tertutup, hanya sedikit bersikap terbuka kepada teman-teman terdekat saja itupun hanya teman-teman yang bisa saya percaya saja.  Saya adalah pribadi yang disiplin,  saya selalu datang tepat waktu apabila ada janji atau suatu acara, menyelesaikan sesuatu tepat pada waktunya, dan mengerjakan sesuatu sesuai dengan waktunya. Saya menyukai hal-hal yang terorganisir, kegiatan yang akan dilakukan biasanya saya lakukan didalam memori otak  saya atau dalam telepon genggam saya, sehingga memudahkan saya dalam menentukan apa-apa hal yang harus saya lakukan terlebih dahulu.

Saya suka mendengarkan musik sambil bersenandung kecil. Saya adalah orang yang takut pada hal-hal yang menantang. Saya adalah orang yang bertanggung jawab dan baik, sehingga selama ini belum ada hal-hal yang bermasalah dengan teman,keluarga,dan orang sekitar saya. Saya lebih suka pada orang yang bersikap apa adanya karena mereka lebih asik untuk diajak berteman. Saya lebih suka mengalah karena saya benci dengan perdebatan. Saya juga tipe orang yang pemaaf, setiap kesalahan seseorang selalu saya maafkan dan lupakan dan saya juga tidak suka orang yang pendendam. Saya tidak suka dengan orang yang suka berbicara dengan suara yang keras karena menurut saya hal tersebut tidah sopan dan patut.

Saya adalah seseorang yang sangat mencintai keluarga,saya lebih suka menikmati liburan bersama keluarga dirumah dibanding bermain dengan teman, karena akhir pekan menurut saya adalah waktu untuk keluarga,dan hari yang lain waktu untuk bekerja dan belajar. Terkadang pula saya bermain bersama teman-teman diakhir pekan, sekedar untuk menghilangkan penat setelah hampir 6 hari bekerja dalam seminggu.

Saya mempunyai hobi yang berubah-ubah. Dulu saya sangat suka dengan bersepeda,namun seiring berjalannya waktu hobi itu tiba-tiba berubah. Saya suka sekali dengan membaca,namun sekarang hobi itu juga sudah hilang dimakan zaman. Entah apa yang membuat saya sendiri melupakan hobi membaca ini, terkadang sudah sibuk dengan bekerja, sehingga hobi yang satu ini saya tinggalkan. Dan yang baru-baru ini hobi saya sedikit agak aneh, yaitu tidur. Apabila sudah melihat kasur,bantal,dan guling langsung saya tertidur pulas.  Bisa saya simpulkan saya seorang yang mudah bosan.

Begitulah diskripsi singkat mengenai diri saya, saya selau berusaha untuk memperbaiki kekurangan yang ada dalam diri saya, dan tidak menjadikan kekurangan yang ada dalam diri saya sebagai suatu halangan untuk bisa lebih baik.

 

Dipost Oleh Fadjar

System Analyst, Programmer dan penulis yang peduli dengan semua hal, Coding PHP, Oprek Program, Reading, Writing, Internet Browsing, Travelling.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar