Manfaat dari Mendengarkan Musik

Manfaat dari Mendengarkan Musik

Pengaruh Musik dalam Jiwa

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. (Wikipedia).

Musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Musik sudah ada sejak jaman purbakala, musik dipergunakan untuk mengiringi upacara-upacara kepercayaan pada masa itu. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan, disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang makin meningkat. Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan, tetapi dipergunakan juga un tuk urusan duniawi.

Musik yang kita dengar setiap hari bisa mempunyai kekuatan khusus yang bisa menggetarkan jiwa kita. Musik bisa menyebabkan kegembiraan, riang, musik bisa membangkitakan semangat, musik dapat juga menjadikan pendengarnya terharu sampau menitikkan air mata. Begitu dahsyatnya musik bisa menggelorakan semangat juang arek-arek Suroboyo dalam upaya merebut kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 1945 lalu.

Jenis-Jenis Musik

Secara umum, musik dikelompokkan menurut kegunaannya, yang dapat dikelompokkan dalam tiga ranah besar, yaitu Musik Seni, Musik Populer, dan Musik Tradisional. (Wikipedia)

Musik Seni

Musik Seni atau sering disebut juga Musik Serius dan musik-musik sejenis (musik avant garde, kontemporer) adalah sebuah istilah pengelompokan jenis musik yang mengacu pada teori bentuk musik Klasik Eropa atau jenis-jenis musik etnik lainnya yang di serap atau diambil sebagai dasar komposisinya. Berbeda dengan musik Populer atau musik masa, musik jenis ini biasanya tidak lekang dimakan waktu, sehingga bertahan berabad-abad lamanya. Tokoh-tokoh komponis Indonesia yang menciptakan jenis musik seperti ini antara lain: Amir Pasaribu, Tri Suci Kamal, Slamet Abdul Syukur, Rahayu Supanggah, Otto Sidharta, Tony Prabowo, Michael Asmara, I Wayan Sadre, Iwan Gunawan, Dody Satya E. Gustdiman dsb.

Musik Klasik: Dahulu musik klasik di Eropa terutama digunakan untuk keperluan lagu untuk pengiringan Raja. Sejalan dengan perkembangan, mulai juga bermunculan musik klasik yang digunakan untuk keperluan lain, seperti misalnya musik klasik yang menggambarkan visual secara audio, contohnya lagu Cat and Mouse yang menggambarkan kucing mengejar tikus tau (film Tom and Cat).

Musik Populer

Musik populer merupakan jenis-jenis musik yang saat ini digemari oleh masyarakat umum. Musik jenis ini merupakan musik yang sesuai dengan keadaan zaman saat ini, sehingga sesuai di telinga kebanyakan orang. Genre musik ini dapat ditemui di hampir seluruh belahan dunia oleh karena sifat musiknya yang hampir bisa diterima semua orang. 

Musik Populer teridi dari, musik Jazz, Gospel, Blues, Rhythm and blues, Funk, Rock, Metal, Ska, Reggae, Hip-hop, Rap.

Musik Tradisional

Musik tradisional adalah musik yang hidup di masyarakat secara turun temurun, dipertahankan bukan sebagai sarana hiburan saja, melainkan ada juga dipakai untuk pengobatan dan ada yang menjadi suatu sarana komunikasi antara manusia dengan penciptanya, hal ini adalah menurut kepercayaan masing-masing orang saja. Musik tradisional merupakan perbendaharaan seni lokal di masyarakat. Musik tradisional yang ada di Indonesia, di antaranya adalah gamelan ,angklung dan sasando. selain dari musik tradisional yang berasal dari kebudayaan lokal, juga terdapat musik tradisional yang berasal dari pengaruh kebudayaan luar di antaranya gambang kromong, marawis dan keroncong.

 Musik Tradisional terdiri dari Latin, Country, Dangdut.

Musik Religi

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan lagu bisa memberikan efek yang nyata pada berbagai bagian otak yang bertanggung jawab terhadap beberapa aspek, seperti memori dan visual. Menurut seorang psikolog dari London, Dr Victoria, mendengarkan musik bisa mempengaruhi reaksi yang sangat luas dalam tubuh dan pikiran,dan beberapa bagian otak bisa diaktifkan oleh sebuah musik.

TERNYATA mendengarkan musik sambil bekerja juga memberikan manfaat kesehatan, lebih-lebih musik Islami. Tentu lantunan lagu-lagu religi ini bisa menjadikan penyejuk pikiran dan hati. 

Seperti yang dikutip dari berbagai sumber ini,
Mendengarkan musik sambil berkerja di kantor dapat meminimalkan stres. Dengan mendengarkan musik easy listening, maka pikiran akan stabil, begitu pun seluruh dengan sistem tubuh.

Orang-orang yang menderita nyeri sendi di kantor dapat mencoba mendengarkan musik. Cara ini akan membantu menyembuhkan nyeri sendi secara bertahap.

Mendengarkan musik juga dapat meningkatkan produktivitas di kantor. Kerja lebih produktif dan cepat dalam berkerja.

Musik juga dapat meningkatkan kadar serotinin. Sehingga, mendengarkan musik dapat membuat Anda lebih tenang dalam berkerja. Lebih-lebih saat puasa Ramadan, tentunya hal itu akan sangat membantu untuk meningkatkan iman dan taqwa (imtaq).

Musik memiliki kekuatan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kemampuan pikiran seseorang. Ketika musik diterapkan menjadi sebuah terapi, musik dapat meningkatkan, memulihkan, dan memelihara kesehatan fisik, mental, emosional, sosial dan  spiritual. 

Terimakasih, demikian beberapa manfaat positif dari mendengarkan Musik.

Dipost Oleh Fadjar

System Analyst, Programmer dan penulis yang peduli dengan semua hal, Coding PHP, Oprek Program, Reading, Writing, Internet Browsing, Travelling.

Post Terkait

Tinggalkan Komentar